ayo pemuda

ayo pemuda

Pemuda Kreatif



Pemuda Kreatif

                Pemuda yang kreatif bukan pemuda yang menunggu giliran,warisan ,pasif dan tidak mampu menjadi penggerak lingkungan sosialnya.pemuda yang kreatif yaitu pemuda yang terus berjuang memaksimalkan potensinya dan selalu memegang prinsip untuk melakukan perbaikan,dan berupaya untuk kemajuan diri sendiri dan orang lain.
          Pemuda kreatif selalu siap sedia setiap saat,dan selalu bekerja keras untuk meciptakan inovasi yang baru,gagasan baru,pemikiran pemikiran baru,ide ide baru demi kemajuan bangsa.
          dengan demikian pemuda yang kreatif adalah seorang pemuda yang bisa memecahkan masalah hidupnya dan lingkungan sekitarnya tanpa tergantung pada orang lain.

Ciri ciri orang kreatif menurut buku yang saya baca yaitu :
1.  Kuatnya motivasi untuk berprestasi
          Mereka selalu bergairah untuk meningkatkan kualitas hidupnya                                      dan mampu mengambil resiko yang diperhitungkan. Ia juga tidak kenal lelah dalam menggali dan mengembangkan wawasan dalam rangka meningkatkan kinerjanya. Ia banyak memunculkan berbagai ide dan alternatif dan problem yang dihadapi dirinya dan kelompoknya.
2. Komitmen,setia kepada visi dan tujuan yang hendak dicapai.
Goldman mengemukakan ciri ciri orang yang yang berkomitmen yaitu :
-Siap berkorban demi (pemenuhan sasaran perusahaan yang lebih penting) mencapai tujuan atau cita-cita.
-merasakan dorongan semangat dalam misi yang lebih besar.
-menggunakan nilai nilai kelompok dalam pengambilan keputusan dan penjabaran pilihan-pilihan

3. Inisiatif dan optimisme.

Karakteristik orang yang kreatif :
1. Keterbukaan,
seseorang yang terbuka dan ia mau mendengar,maka ia lebih banyak memperoleh informasi.
2. Pengendapan
Sebagai akibat dari proses belajar mereka dari hasil keterbukaan dirinya terhadap rangsangan dan perkembangan di luar,pengetahuan dan pengalaman orang lain,yang masuk ke dalam bawah sadar mereka ,mereka memiliki keyakinan batin yang lebih kaya
3. Reproduksi
Mereka senang untuk mencoba dan mengeluarkan kembali hasil pengalaman dirinya dalam bentuk kreatifitasnya yang menurut dirinya orisinil. Pada awalnya mungkin saja meniru orang lain,akan tetapi kemudian berusaha untuk menyempurkannya sehingga menjadi dirinya sendiri (be your self).
4.evaluasi
Senantiasa melakukan evaluasi dna penilaian atas kinerjanya,sehinnga dapat diketahui kekurangan dan kelebihannya untuk menyempurnakan segala sesuatu yang telah diperbuatnya.
5. Pengembangan diri
Tidak kenal lelah untuk mengembangkan kualitas dirinya bahkan ingin menjadi orang yang di atas rata rata. Mereka tidak henti hentinya belajar dari berbagai tiap pengalaman(kegagalan dan kesuksesan),baik dari dirinya maupun pengalaman dari orang lain.
*semoga bermanfaat*

0 komentar:

Posting Komentar